cara membuat cop surat dan membuat kolom koran dan drop cop

Pengertian Surat


Surat adalah alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan di atas lembaran kertas yang sangat erat hubungan nya dengan kehidupan manusia. Sejak zaman dahulu hingga zaman serba modern ini, manusia tidak dapat melepaskan dirinya dari kepentingan manusia lainnya baik yang berada di sekitarnya maupun di tempat yang berkejauhan.

Zaman dahulu bentuk surat sangatlah sederhana. Penulisan, bahan atau cara mengirimkannya pun juga sangat sederhana. Dan kini zaman sudah maju dengan pesat. Sedikit demi sedikit cara lama mulai di tinggalkan. Keberadaan surat itu sendiri kini di hubungkan dengan adanya alat canggih yang bernama Komputer. Akan tetapi, walaupun kemajuan surat menyurat telah banyak di capai dewasa ini maka cirri khas surat sebagai alat komunikasi di banding dengan alat komunikasi lainnya tetap ada, Yakni, surat tetap merupakan alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan dan kertas sebagai medianya.

Di era modern ini penulisan surat sebagian besar beralih menggunakan computer karena di anggap penggunaannya lebih praktis, cepat , dan memiliki kelebihan dalam menyimpan arsip secara otomatis. Barangkali hanya sebagian kecil saja orang yang masih menggunakan mesin ketik biasa dan tulisan tangan, bergantung dari kebutuhan dan tujuan dari surat itu sendiri.

Kop Surat

Kop surat merupakan hal penting dalam sebuah surat terlebih surat dinas. Kali ini kita akan membuat kop surat menggunakan pada Ms. Word 2007 dengan teknik tabel. Kop surat dengan tabel ini merupakan teknik yang bagus menurut kami. Kelebihanya kop tabel ini adalah lebih fleksibel, pada garis pemisah bisa dengan pilihan garis beraga, dan lebih rapi. 

Kop surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan dalam kaitannya dengan komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu. Itu sebabnya pembuatan kop surat haruslah memenuhi elemen-elemen identitas lembaganya seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website.
Kop surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan dalam kaitannya dengan komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu. Itu sebabnya pembuatan kop surat haruslah memenuhi elemen-elemen identitas lembaganya seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website.

Langkah-langkah membuat Kop Surat di Microsoft Word

1.      Buka Microsoft Word
2.   Lakukan Double click (klik ganda) pada area header yang terdapat pada bagian atas dari dokumen yang sedang tampil sehingga anda sekarang berada dalam pengeditan Header Document.
3.     Jika belum, berikan tanda check pada opsi Different First Page. Hal ini untuk membuat kop surat hanya aka nada di halaman pertama, sedangkan halaman kedua dan seterusnya tidak menggunakan kop surat.
4.  Setelah itu, geser Margin kiri anda rada ke tengah. Perkiraan lebarnya kira-kira cukup untuk logo yangakan anda tambahkan belakangan.
       Untuk lebih jelas mati kita lihat gambar berikut :


5   Di bagian ini, ketikan identitas lembaganya seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website, Tambahkan pula baris kosong pada baris terakhir.
6.     Tambahkan juga gambar logo instansi anda. Jangan lupa untuk membuat format logo tersebut menjadi “In Front of Text”.
7.      Atur posisi logo dan teks instansi.
8.      Pilih dan blok baris kosong yang ada pada garis terakhir untuk dibuat garis pembatas kop surat.


9.             Untuk membuat garis pembatas kop surat, pilih Tab Menu Home, lalu pilih tombol toolbar border
10.        Dari pilihan popup menu untuk membuat border yang ada, pilih item “Border And Shading” yang ada      pada paling bawah.

11.      Pada Dialog Border and Shading tersebut pada Setting pilih Custome, kemudian pilih bentuk garis tebal  dan tipis, lalu tambahkan pada bagian atas paragraph. Bila anda ingin garis pembatas kop surat    berwarna selain hitam, misalkan atau biru, silahkan anda ganti saja warna nya.
12.    Bila pilihan sudah benar lalu klik tombol OK.

13.  Kop surat anda hamper siap. Jika border belum rata kiri, anda tinggal menarik margin kiri pada baris terakhir kea rah kiri.

14.  Setelah margin kiri sudah di geser kea rah kiri, Kop surat sudah siap untuk digunakan. Klik dua kali pada area dokumen untuk menutup Header View, atau anda dapat langsung klik tab menu Header and Footer tools, lalu Design lalu pilih Close Header and Footer.
15. Dokumen anda sudah memiliki Kop surat sudah siap digunakan. Jangan khawatir dengan tampilan abu-abu, hal tersebut menunjukkan bahwa kop surat kita berada di area header dokumen.

  Kolom Koran
            Kolom Koran adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyatakan tampilan pada sebuah naskah/halaman yang diketik yang terdiri kolom-kolom menyerupai halaman pada sebuah Koran. Kolom Koran terdiri dari kolom-kolom dan pembacaannya pun mulai dari kiri kemudian kolom sebelahnya, dank e sebelahnya lagi…begitulah seterusnya.
Kenapa kolom Koran digunakan pada sebuah naskah, diantaranya:
1 .Menberi ruang yang lebih banyak di banding dengan menggunakan tampilan normal, denganmemanfaatkanruang antar kolom memungkinkan naskah yang diketik lebih banyak
2.      Memberi variasi tampilab yang berbeda disbanding tampilan normal, dengan memanfaatkan ruang antar kolom maka naskah akan terlihat berbeda. Untuk catatan, tampilan variasi ini jarang digunakan pada naskah-naskah yang bersifat formal.
3.   Memberi Efek atau penekanan terhadap suatu naskah, dengan menampilkan naskah ke dalam kolom Koran yang berbeda dari naskah yang lainnya, maka perhatian orang yang melihatnya akan lebih tertuju kepada tampilan Koran .1.      Setelah margin kiri sudah di geser kea rah kiri, Kop surat sudah siap untuk digunakan. Klik dua kali pada area dokumen untuk menutup Header View, atau anda dapat langsung klik tab menu Header and Footer tools, lalu Design lalu pilih Close Header and Footer.
4.      Dokumen anda sudah memiliki Kop surat sudah siap digunakan. Jangan khawatir dengan tampilan abu-abu, hal tersebut menunjukkan bahwa kop surat kita berada di area header dokumen.

Cara Membuat Kolom Koran
1.      Pilih orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation. Pilih Portrait atau Landscape.

2.   Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut

3.      Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
4.      Pilih Two untuk membuat dua kolom.
5.      Pada contoh ini terdiri dari dua bagian:
Judul (Lorem Ipsum) = satu kolom.
Isi = dua kolom.
Untuk gabungan ini, Microsoft Word akan otomatis membuat Section Break (Continuous).
6.   Pada kolom, teks akan mengalir sampai batas bawah halaman kemudian baru berpindah ke kolom selanjutnya
7.   Jika Anda tidak menginginkan teks sampai batas bawah halaman maka dapat menggunakan Column Break.
Caranya:
    1. Letakkan kursor di depan teks yang akan dipindahkan.
    2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks.
    3. Pada bagian Page Breaks, pilih Column.
                  Microsoft Word akan memindahkan teks ke kolom berikutnya

Membuat Drop Cap
    Drop Cap merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh word 2007 untuk membuat tulisan /huruf lebih besar ukurannya dari huruf lainnya.Umumnya drop cap kita temukan pada sebuah novel atau majalah yang menonjolkan huruf pertama pada setiap topik, untuk menaik perhatian pembaca.

      Untuk membuat drop cap pada microsoft word 2007, lakukan prosedur berikut:

1.       Blok huruf pertama pada kalimat seperti gambar dibawah ini;
Pada menu bar pilih Insert - Drop Cap - Drop Cap options...
2.        Atur Drop Cap
   Pada position pilih salah satu bentuk yang ada, misalnya Dropped terus pilih Line to  Drop dan pilih 4 (tergantung kebutuhan) setelah itu tekan OK

3.      Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini;















Komentar

Postingan Populer