cara membuat cop surat dan membuat kolom koran dan drop cop
Pengertian Surat
Surat
adalah alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan di atas lembaran
kertas yang sangat erat hubungan nya dengan kehidupan manusia. Sejak zaman
dahulu hingga zaman serba modern ini, manusia tidak dapat melepaskan dirinya
dari kepentingan manusia lainnya baik yang berada di sekitarnya maupun di
tempat yang berkejauhan.
Zaman dahulu
bentuk surat sangatlah sederhana. Penulisan, bahan atau cara mengirimkannya pun
juga sangat sederhana. Dan kini zaman sudah maju dengan pesat. Sedikit demi
sedikit cara lama mulai di tinggalkan. Keberadaan surat itu sendiri kini di
hubungkan dengan adanya alat canggih yang bernama Komputer. Akan tetapi,
walaupun kemajuan surat menyurat telah banyak di capai dewasa ini maka cirri
khas surat sebagai alat komunikasi di banding dengan alat komunikasi lainnya
tetap ada, Yakni, surat tetap merupakan alat komunikasi yang mempergunakan
bahasa tulisan dan kertas sebagai medianya.
Di era modern
ini penulisan surat sebagian besar beralih menggunakan computer karena di
anggap penggunaannya lebih praktis, cepat , dan memiliki kelebihan dalam
menyimpan arsip secara otomatis. Barangkali hanya sebagian kecil saja orang
yang masih menggunakan mesin ketik biasa dan tulisan tangan, bergantung dari
kebutuhan dan tujuan dari surat itu sendiri.
Kop Surat
Kop
surat merupakan hal penting dalam sebuah surat terlebih surat dinas. Kali ini
kita akan membuat kop surat menggunakan pada Ms. Word 2007 dengan teknik tabel.
Kop surat dengan tabel ini merupakan teknik yang bagus menurut kami.
Kelebihanya kop tabel ini adalah lebih fleksibel, pada garis pemisah bisa
dengan pilihan garis beraga, dan lebih rapi.
Kop
surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan dalam
kaitannya dengan komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu. Itu sebabnya
pembuatan kop surat haruslah memenuhi elemen-elemen identitas lembaganya
seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website.
Kop
surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan dalam
kaitannya dengan komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu. Itu sebabnya
pembuatan kop surat haruslah memenuhi elemen-elemen identitas lembaganya
seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website.
Langkah-langkah membuat Kop Surat
di Microsoft Word
1.
Buka Microsoft Word
2. Lakukan Double click (klik ganda)
pada area header yang terdapat pada bagian atas dari dokumen yang sedang tampil
sehingga anda sekarang berada dalam pengeditan Header Document.
3. Jika belum, berikan tanda check
pada opsi Different First Page. Hal ini untuk membuat kop surat hanya aka nada
di halaman pertama, sedangkan halaman kedua dan seterusnya tidak menggunakan
kop surat.
4. Setelah itu, geser Margin kiri
anda rada ke tengah. Perkiraan lebarnya kira-kira cukup untuk logo yangakan
anda tambahkan belakangan.
Untuk
lebih jelas mati kita lihat gambar berikut :
5 Di
bagian ini, ketikan identitas lembaganya seperti nama
lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website, Tambahkan pula baris kosong pada baris terakhir.
6. Tambahkan
juga gambar logo instansi anda. Jangan lupa untuk membuat format logo tersebut
menjadi “In Front of Text”.
7.
Atur
posisi logo dan teks instansi.
8.
Pilih
dan blok baris kosong yang ada pada garis terakhir untuk dibuat garis pembatas
kop surat.
9. Untuk
membuat garis pembatas kop surat, pilih Tab Menu Home, lalu pilih tombol toolbar
border
10. Dari
pilihan popup menu untuk membuat border yang ada, pilih item “Border And
Shading” yang ada pada paling bawah.
11.
Pada
Dialog Border and Shading tersebut pada Setting pilih Custome, kemudian pilih
bentuk garis tebal dan tipis, lalu tambahkan pada bagian atas paragraph. Bila
anda ingin garis pembatas kop surat berwarna selain hitam, misalkan atau biru,
silahkan anda ganti saja warna nya.
12. Bila
pilihan sudah benar lalu klik tombol OK.
13. Kop
surat anda hamper siap. Jika border belum rata kiri, anda tinggal menarik
margin kiri pada baris terakhir kea rah kiri.
14. Setelah
margin kiri sudah di geser kea rah kiri, Kop surat sudah siap untuk digunakan.
Klik dua kali pada area dokumen untuk menutup Header View, atau anda dapat
langsung klik tab menu Header and Footer tools, lalu Design lalu pilih Close
Header and Footer.
15. Dokumen
anda sudah memiliki Kop surat sudah siap digunakan. Jangan khawatir dengan
tampilan abu-abu, hal tersebut menunjukkan bahwa kop surat kita berada di area
header dokumen.
Kolom Koran
Kolom Koran adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyatakan
tampilan pada sebuah naskah/halaman yang diketik yang terdiri kolom-kolom
menyerupai halaman pada sebuah Koran. Kolom Koran terdiri dari kolom-kolom dan
pembacaannya pun mulai dari kiri kemudian kolom sebelahnya, dank e sebelahnya
lagi…begitulah seterusnya.
Kenapa kolom Koran digunakan pada sebuah naskah, diantaranya:
1 .Menberi
ruang yang lebih banyak di banding dengan menggunakan tampilan normal, denganmemanfaatkanruang antar kolom memungkinkan naskah yang diketik lebih banyak
2.
Memberi
variasi tampilab yang berbeda disbanding tampilan normal, dengan memanfaatkan
ruang antar kolom maka naskah akan terlihat berbeda. Untuk catatan, tampilan
variasi ini jarang digunakan pada naskah-naskah yang bersifat formal.
3. Memberi
Efek atau penekanan terhadap suatu naskah, dengan menampilkan naskah ke dalam
kolom Koran yang berbeda dari naskah yang lainnya, maka perhatian orang yang
melihatnya akan lebih tertuju kepada tampilan Koran . 1.
Setelah
margin kiri sudah di geser kea rah kiri, Kop surat sudah siap untuk digunakan.
Klik dua kali pada area dokumen untuk menutup Header View, atau anda dapat
langsung klik tab menu Header and Footer tools, lalu Design lalu pilih Close
Header and Footer.
4.
Dokumen
anda sudah memiliki Kop surat sudah siap digunakan. Jangan khawatir dengan
tampilan abu-abu, hal tersebut menunjukkan bahwa kop surat kita berada di area
header dokumen.
Cara Membuat Kolom Koran
1.
Pilih
orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation.
Pilih Portrait atau Landscape.
2. Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut
3.
Pada Page
Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
4.
Pilih Two untuk
membuat dua kolom.
5.
Pada
contoh ini terdiri dari dua bagian:
Judul (Lorem
Ipsum) = satu kolom.
Isi = dua
kolom.
6. Pada
kolom, teks akan mengalir sampai batas bawah halaman kemudian baru berpindah ke
kolom selanjutnya
7. Jika Anda tidak menginginkan teks sampai batas bawah halaman maka dapat menggunakan Column Break.
7. Jika Anda tidak menginginkan teks sampai batas bawah halaman maka dapat menggunakan Column Break.
Caranya:
- Letakkan kursor di depan teks
yang akan dipindahkan.
- Pada Page Layout tab, Page
Setup grup, klik Breaks.
- Pada bagian Page
Breaks, pilih Column.
Membuat Drop
Cap
Drop
Cap merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh word 2007 untuk membuat
tulisan /huruf lebih besar ukurannya dari huruf lainnya.Umumnya drop cap kita
temukan pada sebuah novel atau majalah yang menonjolkan huruf pertama pada
setiap topik, untuk menaik perhatian pembaca.
Untuk membuat
drop cap pada microsoft word 2007, lakukan prosedur berikut:
1.
Blok
huruf pertama pada kalimat seperti gambar dibawah ini;
Pada menu bar pilih Insert - Drop Cap - Drop Cap options...
Pada menu bar pilih Insert - Drop Cap - Drop Cap options...
2. Atur
Drop Cap
Pada position
pilih salah satu bentuk yang ada, misalnya Dropped terus
pilih Line to Drop dan pilih 4 (tergantung kebutuhan) setelah
itu tekan OK
3.
Hasilnya
akan tampak seperti gambar di bawah ini;
Komentar
Posting Komentar